5 Makanan Buka Puasa Sehat untuk Membantu Diet


Makanan buka puasa sehat pasti dicari orang-orang. Namun masalahnya, ada banyak orang dibuat kebingungan oleh hal ini. Terlebih lagi untuk wanita yang sedang diet. Buka puasa sering menjadi momok menakutkan.


Biasanya, berat badan mengalami peningkatan cukup signifikan di bulan tersebut. Ini jelas membuat usaha yang selama ini dilakukan menjadi percuma. Sebenarnya, ramadhan tidak selamanya menjadi masalah.


Itu karena, seseorang sangat mungkin mengontrol asupan kalori pada tubuhnya. Jika memiliki kemauan untuk mencari tahu, ini tidak mustahil. Di luar sana, ada banyak menu yang bisa dipilih untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.


Berikut Makanan Buka Puasa untuk Diet


Jika sedang dibuat kebingungan terkait hal ini, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Pada ulasan kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai beberapa menu yang bisa dipilih.

Menu ini sendiri tidak main-main. Sudah banyak orang yang membuktikan efektivitasnya dalam mempertahankan diet.


1. Pakis Cah Terasi

Pilihan menu ramadhan pertama adalah pakis cah terasi. Pakis cah terasi ini sangat cocok untuk dibuat menjadi makanan diet. Bahannya sendiri hanya pakis, ikan teri, garam, dan penyedap jamur.

Dengan itu kemungkinan terjadinya peningkatan berat badan menjadi lebih kecil. Membuatnya sendiri cukup mudah. Cukup tumis bumbu dengan ikan teri lalu aduk rata.

Setelah itu masukkan pakis dan beri garam. Jangan lupa juga untuk menambahkan penyedap jamur disana. Tunggu airnya surut dan pakis cah terasi sudah bisa dikonsumsi.


2. Oseng Tempe dan Ayam

Selanjutnya adalah oseng tempe dan ayam. Ini juga salah satu menu ramadhan yang layak dimasukkan. Bahannya hanya menggunakan ayam fillet dan tempe sebagai bahan utama. Tambahan bumbunya juga normal dengan semuanya rendah kalori.

Ini membuat seseorang yang diet tidak akan merasa kesulitan. Ketika ingin mengkonsumsinys, potonglah ayam, beri garam, dan juga merica. Setelah itu lakukan proses tumis hingga matang.

Tambahkan tempe, ayam, dan bumbu-bumbu lain ke tempat tumisan tersebut. Tunggu hingga matang dan makanan sudah siap dihidangkan. Rasanya yang enak sangat cocok untuk menambah kenikmatan berbuka puasa.


3. Teri Jengki

Jangan lupakan juga keberadaan teri jengki. Rasa pedas manisnya akan membuat setiap orang merasa puas. Pencinta diet juga tidak perlu takut oleh makanan ramadhan ini. Bahan utamanya hanya teri jengki, kacang tanah, dan minyak.

Jelas tidak ada yang akan membuat gemuk disana. Untuk membuatnya, pertama tumis seluruh bahan yang ada. Setelah itu, masukkan teri dan kacang tanah ke dalamnya. Aduk hingga rata dan menu sudah siap dihidangkan.


4. Percik Chicken

Percik chicken juga bisa dijadikan pilihan. Namanya memang jarang diketahui. Padahal, keberadaannya sangat tepat dijadikan menu untuk buka puasa.

Bahannya sendiri tidak akan membuat diet terganggu karena isinya hanya ekor ayam kampung, daun kunyit, santan, dan asam jawa. Jika ingin membuatnya, pertama tumis terlebih dahulu bahan hingga halus.

setelah itu jangan lupa memasukkan daun kunyit. Tuang bahan-bahan lain lalu masukkan juga ayamnya. Lakukan proses ungkep dan sisihkan kuahnya. Terakhir bakarlah ayam tersebut lalu siram dengan kuah. Percik chicken siap untuk dikonsumsi.


5. Asam Tongkol

Menu terakhir di daftar ini adalah asam tongkol. Sangat tepat jika mengkonsumsinya di bulan ramadhan untuk kebutuhan diet. Asam tongkol yang dicuci bersih dan tanpa kepala tidak akan membuat seseorang mengalami penambahan berat badan.

Untuk memasaknya, pertama taruh tongkol di wajan lalu masak bersama seluruh bahannya. Terus masak hingga airnya berkurang. Lakukan penataan terhadap tongkol tersebut dan siram dengan bumbu.

Dengan itu, makanan sudah siap dihidangkan. Sangat tepat jika memilih salah satu dari pilihan di atas. Tenang saja, makanan ramdhan tersebut dijamin aman untuk diet.

2 views0 comments