5 Takjil Terbaik dengan Kalori Paling Rendah


Takjil adalah salah satu menu wajib saat ramadhan. Keberadaannya akan membuat semarak Ramadhan menjadi lebih terasa. Namun masalahnya, makanan ini merupakan momok menakutkan bagi pencinta diet. Itu karena keberadaannya identik dengan rasa manis.


Rasa manis tersebut membuat keberadaan kalori tidak mungkin dihindari. Kalori sendiri merupakan hal yang perlu dikontrol. Jika asupannya terus dilakukan tanpa diberi perhatian, penambahan berat badan secara signifikan pasti terjadi.


Pernyataan bahwa ramadhan adalah waktu penambahan berat badan sebenarnya tidak sepenuhnya tepat. Itu karena, ada banyak jenis makanan yang bisa dipilih dan beberapa jelas rendah kalori. Jika bisa memilihnya dengan tepat, berat badan pasti terkontrol.


Berikut Takjil Terbaik Supaya Tidak Gemuk


Masalahnya, pengetahuan tentang makanan tersebut tidak terlalu booming. Kebanyakan menu populer memiliki kalori dengan kadar cukup tinggi.

Jika ingin memiliki pengetahuan tentang jenis makanan tersebut, ini adalah tempat terbaik. di kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai beberapa pilihannya.


1. Kurma dan Air

Pilihan makanan buka puasa pertama adalah kurma dan air putih. Walaupun manis, diet tidak akan terganggu. Di dalam kurma terdapat kandungan gula alami. Gula alami berbeda dengan gula buatan.

Gula alami memiliki kemampuan untuk memulihkan energi dan menetralkan kadar gula darah. Tidak ada korelasi antara gula alami dengan kalori. Dengan itu, permasalahan terkait upaya diet tidak akan menimbulkan efek lebih lanjut.


2. Bubur Kacang Hijau

Selanjutnya adalah bubur kacang hijau. Menu ini sangat tepat dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi. Ada banyak kandungan di dalamnya mulai dari vitamin, zat besi, hingga fosfor. Satu yang pasti, tidak ada kandungan kalori di dalamnya.


Mungkin yang jadi masalah, makanan buka puasa ini sering dibuat manis dengan menambahkan gula. Beberapa orang memang bisa mengontrolnya.

Namun pencinta manis sering menambahkan gula darah jumlah banyak. Inilah satu-satunya alasan mengapa bubur kacang hijau bisa memiliki kandungan kalori dalam jumlah banyak.

Apabila mampu mengontrol penambahan gula, kadar kalorinya pasti tidak akan menjadi masalah.


3. Cincau Hijau

Selanjutnya adalah cincau hijau. Keberadaannya sebagai menu ramadhan juga sangat tepat. selain rendah kalori, cincau hijau juga memiliki berbagai khasiat. Permasalahan seperti panas dalam, kembung, hingga diare bisa diselesaikan.


Namun, cincau hijau sangat jarang dikonsumsi sendiri. Biasanya, beberapa orang menambahkan gula sebagai bantuan rasa. Tambahan gula ini jelas memberi pengaruh terhadap penambahan berat badan.


Selain itu, sering juga seseorang menambahkan susu untuk menambahkan kekayaan rasa. Susunya sendiri biasanya tidak murni dan sudah mengandung gula buatan.


4. Timun Suri

Jangan lupakan juga keberadaan timun suri. Timun suri ini seperti makanan yang sangat khas dengan suasana ramadhan. Sebenarnya, timun suri sendiri bukan makanan musiman. Seseorang bisa mengkonsumsinya pada bulan biasa.


Selain mudah didapat, timun suri juga kaya serat dan air. Kondisi rendah kalori juga menjadi nilai plus tersendiri. Di dalamnya juga terdapat banyak manfaat. Ketika mengkonsumsi timun suri, kadar gula darah seseorang akan lebih terkontrol.

Permasalahan seperti lonjakan gula darah bisa diatasi dengan lebih mudah. Penambahan gula pasir atau sirup sebenarnya tidak perlu dilakukan.


5. Sop Buah

Sop buah adalah pilihan terakhir yang tidak kalah tepat. Dalam makanan ini, ada banyak jenis buah yang dimasukkan.

Jenisnya sendiri seperti strawberry, apel, buah naga, hingga nanas. Jika dilihat dari komposisinya, semua yang ada di dalam sop buah adalah menu sehat dengan kalori rendah.


Sangat tepat jika mengkonsumsinya saat ramadhan. Itu akan membuat permasalahan diet tidak akan terganggu.

Jadikanlah makanan di atas sebagai pilihan tepat di momen ramadhan. Dengan kalori yang rendah, menu ramadhan tersebut pasti sangat cocok dengan Anda.

1 view0 comments