Agar Makanan Sehat, ini Cara Memasaknya dengan Baik



Pemasakan makanan sehat pada dasarnya tidak harus mempergunakan berbagai macam peralatan yang mahal, namun dapat menggunakan teknik pemasakan yang bersifat dasar. Semakin bertambahnya usia, kita harus semakin membatasi asupan kalori yang berlebihan, terutama lemak jenuh. Bahkan lemak jenuh yang dikonsumsi tidak boleh lebih dari 10% dari jumlah kalori harian.

Dengan mengadopsi teknik pemasakan yang sehat, Kamu dapat mengurangi konsumsi lemak jenuh. Contohnya saja Kamu tidak menggunakan mentega karena memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.


Metode Pemasakan yang Sering Digunakan Kateringan Sehat

Ada berbagai macam jenis metode pemasakan yang biasanya sering digunakan oleh tempat katering yang menyajikan beberapa menu makanan sehat. Metode pemasakan ini akan mempertahankan rasa beserta dengan nutrisi.

Selain itu Kamu juga tidak perlu menambahkan begitu banyak garam dan lemak. Berikut berbagai macam metode pemasakannya, seperti:


1. Menumis

Menumis merupakan metode pemasakan secara tradisional. Menumis dapat dilakukan dengan cepat ketika mengolah makanan yang kecil serta seragam. Untuk melakukan pemasakan ini, Kamu hanya memerlukan sedikit minyak.


Teknik menumis yang baik bisa digunakan untuk memasak sayuran seperti tomat, jamur, bawang bombay dan lainnya. Cara untuk menumis bisa dilakukan dengan memanaskan minyak di wajan dengan suhu tinggi hingga makanan empuk dan lunak.


2. Mengukus

Mengukus adalah teknik memasak yang begitu sederhana serta ditempatkan di cairan yang mendidih. Mengukus menggunakan uap yang berasal dari cairan yang telah dipanaskan untuk pemasakan makanan.


Untuk menggunakan teknik ini, Kamu hanya perlu mengisi panci dengan air kemudian panaskan sampai mendidih. Tempatkan makanan dalam keranjang khusus di atas air. Untuk menambahkan rasa, Kamu dapat memasukkannya ke dalam air.


3. Merebus

Merebus makanan merupakan teknik pemasakan yang sering dijadikan sebagai pilihan katering murah namun sehat. Pemasakan dengan cara merebus, Kamu hanya perlu memasukkan air ke wadah yang cukup panas kemudian masukkan bahan makanan.


Makanan yang biasanya dimasak dengan menggunakan teknik pemasakan ini adalah pasta. Tetapi, Kamu dapat merebus berbagai macam bahan makanan seperti daging, telur hingga sayuran.


Cara lain adalah memasak makanan dengan air kaldu dan tutup rapat. Masak dengan menggunakan api kecil. Hanya dengan menambahkan sedikit garam saja, rasa masakan Kamu bisa sangat lezat.


4. Memanggang

Biasanya ketika memanggang, mungkin Kamu akan menggunakan oven yang memiliki api besar. Sebenarnya, jika ingin lebih alami, Kamu dapat menanggang di luar ruangan dengan menggunakan kayu arang serta batu yang dipanaskan.


Cara pemasakan ini memungkinkan lemak akan menetes dari makanan ketika dimasak. Ketika melakukan pemasakan dengan cara memanggang, Kamu dapat menggunakan bumbu jus cuka dan jeruk.


Selain itu bumbu lain yang dapat diaplikasikan adalah bumbu rendah lemak. Biasanya, katering sehat hanya menggunakan minyak sebanyak 1 sendok saja untuk setiap 2 sendok cuka maupun jus jeruk.


Agar rasa masakan lebih enak namun juga lebih sehat, Kamu bisa menambahkan paprika segar. Saat menambahkan paprika segar, Kamu dapat mengeluarkan biji serta selaputnya terlebih dulu kemudian cincang halus.


Ada juga buah-buahan kering dan sayuran. Sayuran seperti ceri, tomat, cabai dan jamur memiliki rasa lebih kuat, sehingga akan menambah kelezatan masakan yang dimasak dengan cara dipanggang.

Bukan hanya sekedar bahan, namun juga cara pemasakan yang harus Kamu pertimbangkan. Tidak sedikit katering murah tetapi sehat yang menggunakan berbagai macam cara pemasakan di atas ketika memasak makanan.

3 views0 comments