Berbagai Macam Ciri Makanan Sehat yang Harus Anda Tahu


Makanan sehat tentu saja memiliki ciri tertentu, perlu diketahui jika tidak semua makanan baik untuk tubuh. Nyatanya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh.


Makanan yang harus dihindari seperti junk food, gorengan dan lainnya. Makanan yang sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.


Makanan yang sehat ini bisa diperoleh dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang sehat ini tentu saja harus selalu dikonsumsi. Bahkan, pengonsumsian makanan ini dapat menurunkan risiko menderita penyakit jantung.


Ada berbagai macam ciri khas yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk membedakan makanan yang tidak sehat dan sehat. Bahkan, biasanya makanan ini diadopsi sebagai menu oleh catering yang menyediakan menu sehat.


Makanan di Catering Sehat yang Biasanya Disediakan


Berikut berbagai macam kriteria yang harus diperhatikan agar dapat memenuhi unsur kebutuhan makanan yang sehat, seperti:


1. Makanan tinggi serat

Makanan dapat dikatakan sebagai makanan yang sehat jika makanan tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat menjadi zat yang sangat berguna untuk tubuh karena bisa membantu melancarkan pencernaan.


Selain itu serat juga bisa menjaga tubuh tetap dalam kondisi kenyang. Tidak cukup sampai di sana, serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta mengontrol gula darah. Makanan yang tinggi kandungan serat ini seperti bayam, brokoli, alpukat serta mangga.


2. Memiliki kandungan antioksidan tinggi

Biasanya catering sehat juga memiliki menu yang mengandung antioksidan tinggi. Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi juga termasuk makanan yang sehat.


Antioksidan tinggi berguna sebagai penangkal radikal bebas yang memiliki peran kemunculan kanker. Bukan hanya itu, antioksidan berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.


Makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dapat disebut sebagai makanan yang sehat. Biasanya, makanan dengan kandungan antioksidan tinggi ini seperti anggur, kubis ungu, stroberi dan yang lainnya.


Bukan hanya antioksidan, makanan baik juga harus memiliki kandungan lemak baik. Lemak baik ini tidak mirip dengan minyak biasanya, lemak baik berguna untuk kesehatan karena bisa menurunkan kadar kolesterol.


3. Tidak memiliki kandungan MSG

Makanan yang sehat tidak boleh memiliki kandungan MSG maupun penyedap yang lainnya. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan MSG bisa menyebabkan gangguan pencernaan, detak jantung cepat hingga risiko obesitas.


Oleh sebab itu lebih baik Anda tidak menggunakan MSG ketika memasak makanan maupun tidak membeli makanan dengan kandungan MSG yang banyak.


Biasanya, katering sehat juga memasak tanpa menggunakan MSG, bahkan penggunaan natrium atau garam juga sangat diperhatikan. Maklum saja, konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan darah tinggi.


4. Jangan menggunakan minyak jelantah

Makanan yang digoreng memang memiliki rasa masakan yang lezat jika dibanding dengan yang lain, namun makanan dengan kandungan minyak dalam jumlah banyak mempunyai dampak kurang baik untuk tubuh.


Lebih-lebih jika minyak yang digunakan untuk memasak makanan adalah minyak bekas yang sudah digoreng sampai berulang kali. Minyak ini sudah berubah menjadi minyak jelantah yang bisa menyebabkan kanker.


Tidak hanya itu, menggoreng dengan menggunakan minyak jelantah bisa menyebabkan zat baik di dalam makanan tersebut mengalami kerusakan.


5. Makanan dengan komposisi yang seimbang serta beragam

Tubuh memerlukan berbagai macam zat gizi seperti lemak, protein, mineral dan vitamin. Berbagai macam zat gizi ini tidak dapat ditemukan hanya dalam sejenis makanan.


Agar nantinya kebutuhan tubuh pada zat gizi dapat terpenuhi, makanan yang dikonsumsi harus memiliki kandungan zat tersebut.


Mengkonsumsi makanan yang sehat menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh ditawar, apalagi sekarang banyak katering sehat yang menyediakan berbagai macam menu, sehingga memilih makanan yang sehat tidak sesulit dulu.

3 views0 comments