Bisnis Catering Rumahan, Modal dan Strateginya


Memulai sebuah usaha atau bisnis memang tidak mudah, seperti saat Anda ingin membuka usaha masakan rumahan. Karena bisnis tersebut sangatlah mudah untuk dimulai dan belum tentu mudah untuk dipertahankan. Tinggal bagaimana Anda mengelolanya saja, apakah bisa membuat berkembang atau malah berhenti. Walaupun terdengar kurang menguntungkan, sebenarnya jika ditekuni bisnis ini bisa memberikan hasil yang menjanjikan. Karena makanan termasuk dalam kebutuhan pokok manusia, dan dibutuhkan setiap harinya. Maka dari itu jika memang berhasil, bisnis satu ini sangatlah menjanjikan dan bisa berkembang lebih besar lagi.


Cukup lakukan promosi offline dan online, agar pasar usaha Anda lebih luas lagi. Dengan kebutuhan pokok tersebut, tentu usaha ini tidak akan ada matinya, masih banyak orang atau perusahaan membutuhkannya.

Sekarang, usaha penyedia jasa katering rumahan ini sedang tren dan banyak sekali dilakukan oleh orang dengan beragam latar belakang. Dengan begitu saingan juga akan semakin banyak.


Jika Anda ingin bisnis katering rumahan berkembang dan bertahan dari pesaing, perlu dilakukan beberapa strategi. Tetapi sebelum itu ketahui terlebih dahulu modal apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini.


Modal Awal untuk Catering Rumahan


Untuk memulai sebuah usaha tentu diperlukan modal untuk memulainya, berlaku untuk jenis paket catering ini. Pertama modal untuk peralatan masak, jika sudah memiliki peralatan cukup maka pergunakan yang tersedia dahulu. Karena hal tersebut bisa membantu menghemat biaya modal awal Anda nantinya. Tetapi pastikan peralatan tersebut mampu memenuhi kebutuhan target customer Anda, serta bisa ditambah seiring perkembangan bisnis.


Semakin besar nama jasa Anda, harus semakin siap jika diberikan pesanan dengan jumlah lebih. Maka dari itu Anda bisa mencicil peralatan masak, dan tetap lakukan perhitungan antara pemasukan dan pengeluaran.

Hal itu penting agar dapat melihat perkembangan bisnis Anda dan melihat perkiraan balik modal awal nantinya. Perhatikan juga biaya operasional dari membuka usaha katering ini. Biaya tersebut meliputi biaya bahan makanan, transportasi, bahan bakar, gaji jika ada karyawan, promosi paket catering dan masih banyak lagi. Perhatikan juga keuntungan yang didapatkan karena Anda perlu balik modal.


Untuk memperbesar keuntungan tersebut tentu harus melakukan beberapa strategi tepat. Berikut strategi dapat Anda lakukan agar usaha katering terus berkembang dan bisa tetap bersaing pada bisnis dunia kuliner tersebut.


Strategi Menjalankan Catering Rumahan


Jika ingin bisnis tetap berjalan dengan lancar dan terus berkembang, strategi pertama adalah memperbanyak pengalaman. Pengalaman tersebut bisa dari segi manajemen bisnis hingga menu masakan.


Jadi Anda bisa mengikuti seminar-seminar bisnis yang cocok untuk usaha katering rumahan tersebut. Untuk menu masakan terdapat alternatif lain selain mengikuti kursus memasak, yaitu dengan otodidak. Banyak sekarang yang menyediakan cara-cara memasak makanan dengan menu bervariatif. Yang penting tetap mencoba dan jangan menyerah. Setelah itu tentukan nama merek atau brand Anda.


Tentu saja poin ini sangatlah penting, untuk dikenal oleh masyarakat, karena memang diperlukan sebuah nama. Walaupun bisa dianggap sebagai bisnis rumahan, dengan nama tersebut akan membuat usaha Anda menjadi lebih mudah dikenali.

Dalam menjalankan bisnis tentu Anda wajib untuk bisa mengelola atau mengatur keuangan. Ini penting karena agar mengetahui berapa pengeluaran serta pemasukan dari bisnis tersebut, apakah berkembang atau tidak.

Selain itu jangan lupakan untuk melakukan promosi, dengan berkembangnya era digital ini. Anda perlu mengetahui tata cara promosi secara digital agar lebih mudah untuk memperluas pasar.


Untuk Anda yang membutuhkan jasa catering terpercaya segera hubungi Soul in a Box di nomor 085770078990 atau 085810009770. Terdapat banyak pilihan menu masakan rumahan dengan berbagai macam variasi.

5 views0 comments