Cara Membuat Menu Buka Puasa yang Lezat dengan Bahan Kue


Olahan menu buka puasa ternyata tidak harus berasal dari daging, ikan, sayuran-sayuran. Bahan kue seperti tepung terigu, gula pasir, sebagainya juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan mengenyangkan.


Bahan-bahan kue tersebut bisa diolah sesuai selera berdasarkan resep yang ada. Atau bisa juga dicampur dengan buah-buahan maupun sirup sebagai variasi. Seperti apa cara pembuatannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Menu Buka Puasa yang Lezat dari Bahan Kue


Beberapa jenis makanan ringan yang populer untuk sajian saat berbuka banyak yang diolah dengan menggunakan bahan dasar untuk membuat kue. Kuliner tersebut bahkan banyak dijual sebagai makanan wajib saat bulan Ramadhan.


1. Terang bulan mini bertabur meses


Makanan ramadhan berikutnya yang bisa dicoba adalah terang bulan mini. Bahan yang dibutuhkan relatif gampang dicari seperti tepung terigu dan kanji, susu cair, garam, santan, margarin, hingga baking powder.

Pertama, campurkan tepung kanji dan terigu dengan tambahan gula, vanili, garam dan baking powder. Sambil diaduk, tuang air secara perlahan hingga adonan menjadi kental. Kemudian panaskan loyang terang bulan.

Adonan kemudian dituang ke dalam loyang hingga pas dengan takaran kemudian panggang hingga matang. Setelah itu, angkat terang bulan dan oles dengan margarin. Taburi topping di atasnya sesuai selera.


2. Biskuit marrie Regal dengan baluran cokelat


Makanan ramadhan seperti biskuit marrie regal tidak hanya disajikan dalam bentuk utuh, tapi juga bisa diolah dengan beberapa variasi menarik. Salah satunya dibentuk menyerupai bola-bola dengan baluran cokelat meses.

Langkah pertama adalah mengolah beberapa potong biskuit regal hingga halus. Campur dengan mentega yang dilelehkan dan susu kental manis. Aduk rata hingga adonan menjadi kental. Adonan kemudian dibentuk menjadi bulatan.

Setelah itu, bulatan-bulatan marrie Regal dicelup ke dalam cokelat batang yang telah dilelehkan sebelumnya. Tambahkan topping sesuai selera. Sajian tersebut bisa disimpan di dalam lemari es hingga waktu berbuka tiba.


3. Oreo dengan variasi topping


Jajanan takjil seperti Oreo ternyata bisa diolah menjadi salah satu kuliner yang lezat dengan beberapa variasi masakan. Rasanya manis dan mudah mudah dibentuk menjadi salah satu kelebihan dari kue tersebut.

Ambil 10 hingga 15 buah Oreo yang sebelumnya telah dibekukan terlebih dahulu. Gunakan sebuah wadah untuk mencampur susu cair, gula, dan tepung terigu, kemudian campur hingga adonan tersebut menjadi kental.

Masukkan jajanan tersebut ke adonan hingga seluruh permukaannya tertutup rata dan goreng di dengan api sedang. Setelah ditiriskan, Oreo bisa ditabur dengan topping seperti keju, meses, hingga susu kental manis.


4. Pancake minimalis untuk sajian berbuka

Kue pancake bisa menjadi takjil yang istimewa untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah tepung terigu, satu butir telur, gula, mentega, susu cair, dan gula pasir.

Cara membuat juga termasuk mudah. Campur semua bahan dalam satu wadah dan aduk hingga menjadi adonan yang kental. Usahakan agar merata dan tidak menggumpal. Kemudian panaskan loyang untuk memasak adonan.

Menu ramadhan itu dimasak dengan api kecil agar tidak hangus. Setelah terlihat agak berlubang, pancake bisa dibalik dan dipanggang sebentar. Sajikan kuliner tersebut selagi hangat dengan saus cokelat atau madu.

Bahan-bahan kue di atas juga bisa dikombinasikan dengan buah-buahan seperti pisang yang diolah menjadi nugget dengan krim karamel, salad buah, hingga beraneka macam jus untuk melepaskan dahaga usai seharian berpuasa.


Aktivitas memasak kuliner untuk berbuka puasa memang sangat menyenangkan. Terlebih jika semua makanan yang disajikan dibuat dari bahan-bahan kue, tentu menu Ramadhan tersebut bakal terasa semakin spesial.

2 views0 comments