Cara Menghemat Budget Katering Jakarta agar Lebih Murah


Ketika memesan makanan untuk pesta, budget katering Jakarta memang bisa sangat tinggi. Hal ini sebenarnya lumrah, karena ketika menggelar acara, pos pengeluaran yang besar adalah catering.


Entah menggelar acara selametan, pernikahan, hingga ulang tahun dengan banyak tamu undangan. Biaya catering bisa membengkak.


Oleh sebab itu Anda harus bersiasat agar bisa membiayai catering ini, jangan sampai budget pesta banyak tersedot ke catering, atau malah tersedot seluruhnya hingga berhutang untuk membayar biaya makanan.


Tips Menghemat Anggaran Catering Jakarta


Pada dasarnya, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan agar budget untuk pesta tidak membengkak, khususnya untuk makanan. Caranya, Anda harus berani mendobrak hal yang lumrah di dalam sebuah pesta.


Agar lebih menghemat anggaran catering pesta, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti:


1. Hitung order catering dengan baik

Sebelum melakukan pemesanan, Anda harus menghitung order catering dengan cermat. Namun, Anda harus ingat bila tidak semua tamu undangan datang, biasanya 10% tamu tidak hadir.


Jika jumlah undangan 300 undangan, tamu yang mungkin hadir 600 orang, sedangkan tamu yang tidak diundang namun datang bisa 50 orang, dan tamu tidak datang 60 orang.


Sehingga Anda hanya perlu menyiapkan 600 porsi makanan. Menghitung jumlah tamu dengan baik bisa membuat anggaran makanan lebih kecil.


2. Sesuaikan budget

Agar biaya tidak melebar kemana-mana, Anda harus menentukan budget dengan baik. Sebelum memesan catering jakarta, tidak ada salahnya menentukan sebenarnya berapa budget yang dimiliki untuk kebutuhan konsumsi ini.


Tidak perlu malu mengungkapkannya pada jasa catering. Justru, jika Anda sudah mengungkapkannya, mereka akan memilih menu sesuai dengan budget Anda sehingga budget pesta selametan akan lebih ringan.


Berbeda jika Anda hanya menyembunyikan budget dan terus menerus bertanya, salah-salah anggaran bisa menjadi semakin membengkak.


3. Jangan terlalu banyak memilih porsi nasi

Dengan banyaknya menu enak Jakarta, makanan seperti nasi pasti tidak banyak orang yang tertarik memakannya.


Ketika Anda datang ke pesta pernikahan, pasti orang-orang lebih suka makan lauk atau makanan soup. Jarang memilih nasi, baik nasi putih maupun nasi goreng.


Hal ini disebabkan karena makanan gubukan biasanya makanan yang sehari-hari dimakan. Beda dengan makanan di tengah-tengah seperti sop, nasi, ikan, dan ayam goreng.


Jika dari pihak catering memberikan porsi 10 kg beras, Anda dapat menurunkannya menjadi 5 kg beras.


4. Hanya fokus pada gubukan saja

Biasanya, orang-orang hanya fokus pada gubukan, oleh sebab itu Anda juga harus menjadikan gubukan ini sebagai kunci. Agar lebih irit, ANda dapat mengurangi porsi menu pada meja tengah.


Contohnya di meja tengah memiliki harga paket Rp 2 juta, dan di gubukan Rp 500 ribuan. Anda bisa menghemat dan memilih anggaran Rp 1 juta untuk makanan tengah sedangkan gubukan ditambah menjadi Rp 600 ribuan.


Biasanya, tamu juga lebih sering mengomentari makanan yang berada di gubukan dibandingkan dengan makanan yang berada di tengah. Lebih-lebih untuk menu kambing guling.


5. Cukupi air putih

Dibandingkan dengan menggunakan minuman bersoda untuk sajian, lebih baik menggunakan air putih. Air putih jauh lebih hemat. Harga 1 liter soda sama dengan 2 liter air mineral.


Padahal, keduanya sama-sama digunakan untuk meredakan dahaga. Bukan hanya itu, air putih juga jauh lebih sehat dibandingkan dengan minuman bersoda.

Dengan berbagai macam tips di atas, anggaran pesta yang Anda selenggarakan bisa lebih dihemat. Apalagi, jika Anda dapat memilih catering Jakarta dengan tepat.

5 views0 comments