Legalitas Usaha Catering Jakarta yang Harus Terpenuhi


Usaha catering Jakarta kini semakin banyak berdiri. Hal ini disebabkan karena tingginya kebutuhan akan makanan jadi, pada beberapa tempat. Misalnya adalah perusahaan, rumah, atau pernikahan. Namun, sebagai konsumen Anda harus mengetahui mengenai legalitas jenis usaha ini. Legalitas sangat penting untuk menjamin kualitas makanan dan manajemen dari penyedia jasa makanan jadi tersebut.

Tidak kurang dari 4 jenis legalitas yang harus dimiliki oleh usaha ini. Masing-masing akan kami bahas agar wawasan Anda sebagai konsumen bisa bertambah. Sehingga, hanya memilih catering berkredibilitas.


Pentingnya Memilih Usaha Catering Legal

Memilih usaha catering yang legal tentu sangat penting. Hal ini berkaitan dengan jaminan keamanan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, legalitas juga berkaitan erat dengan kesehatan sistem usaha.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya memilih jasa catering yang sudah memiliki legalitas jelas:


1. Makanan yang disediakan sudah teruji di BPOM, sehingga sudah dipastikan lebih berkualitas dan aman. Risiko kontaminasi zat berbahaya sangat kecil karena penyedia jasa ini memiliki standar khusus.

2. Penyedia jasa catering legal, biasanya memiliki sertifikat halal. Sehingga kehalalan makanan terjamin. Sebab, mereka harus mematuhi standar bahan dan pengolahan makanan halal agar sertifikat halalnya tidak dicabut.

3. Anda juga turut serta dalam menjaga lingkungan karena usaha legal harus memiliki standar pengolahan limbahnya. Sehingga, tidak mencemari lingkungan.

4. Anda juga diuntungkan dalam melakukan pengaduan hukum terhadap penyedia paket catering, sebab pihak berwenang dapat mencabut semua legalitasnya. Hal tersebut tentu akan merugikan pihak yang dilaporkan.


Jenis Legalitas Usaha Catering Jakarta

Sekarang catering yang ingin melebarkan sayapnya ke berbagai bidang harus memiliki legalitas yang jelas. Hal ini berkaitan dengan kredibilitas usaha dan persyaratan tertentu.

Misalnya untuk perusahaan dan pernikahan karena melibatkan banyak orang. Sehingga, keamanan makanan dan kredibilitas penyedia jasa catering harus terjamin. Hal ini sebagai bentuk pencegahan kondisi tidak diinginkan. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan jasa penyedia paket catering sudah memiliki legalitas yang distandarkan. Legalitas tersebut terdiri dari 4 jenis dan masing-masingnya memiliki peran penting.


Baik untuk konsumen maupun untuk penyedia jasa. Berikut ini adalah 4 jenis legalitas yang harus dimiliki penyedia catering.


1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

SIUP dan TDP diperoleh saat perusahaan catering sudah dalam bentuk CV, Perusahaan Dagang (PD) atau PT. Usaha penyedia jasa penyedia makanan jadi ini artinya sudah terdaftar di pemerintah kota.

Kedua surat izin ini sangat penting agar usaha catering dapat menawarkan jasanya ke lebih banyak tempat. Terutama, instansi pemerintahan dan kesehatan, seperti sekolah, rumah sakit, atau perusahaan.


2. Izin Kelayakan Usaha Makanan BPOM

Dalam pengajuan izin ini semua aspek dari catering akan diuji kelayakannya. Mulai dari tempat usaha, kebersihan, hingga makanan yang disediakan. Izin ini sangat penting untuk menjamin makanan yang disediakan sudah layak.


3. Sertifikat Halal MUI

Dengan adanya sertifikat halal MUI, makanan yang disediakan oleh catering langganan Anda terjamin halal. Dengan demikian, sebagai muslim tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Selain itu, perizinan ini harus diperbaharui terus menerus agar kualitas kehalalan tetap terjamin. Sehingga, Anda sebagai konsumen akan lebih terlindungi.


4. Izin HO

Perizinan satu ini disebut juga dengan izin gangguan. Izin ini dimaksudkan untuk menjamin limbah yang dihasilkan oleh jasa penyedia makanan jadi ini tidak mencemari lingkungan.

Jika Anda masih bingung untuk memilih penyedia catering yang memiliki legalitas lengkap, maka Soul in a Box adalah pilihan paling tepat. Segera hubungi 0857-7007-8990 untuk pemesanan dan info lainnya.

Tidak hanya keempat perizinan di atas saja, tapi juga perizinan kelayakan lainnya. Seperti ISO, CHSE, dan Layak Hygiene Sanitasi. Sehingga, Legalitas usaha catering langganan di Jakarta ini tidak perlu diragukan lagi.

2 views0 comments