Memulai Bisnis Catering Pernikahan, Persiapkan Hal Berikut

Updated: 6 hours ago


Salah satu usaha yang hingga sekarang masih menjanjikan hasilnya adalah catering pernikahan. Bisnis ini ternyata dapat dijalankan oleh semua orang, baik dari latar belakang ibu rumah tangga hingga karyawan kantor. Namun perlu dilakukan secara khusus agar bisnis paket catering Anda tidak kalah dibandingkan pra pesaing.


Terdapat beberapa hal dapat Anda lakukan agar bisnis katering tersebut masih terus berkembang. Berikut beberapa hal dapat Anda persiapkan sebelum membuka sebuah usaha catering wedding.



Siapkan Modal Memulai Catering Pernikahan

Jelas hal pertama yang harus disiapkan jika ingin terjun di bisnis catering khususnya untuk acara wedding adalah modal. Modal yang disiapkan dapat Anda sesuaikan dengan paket-paket yang ditawarkan nantinya hingga target pasar.


Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk mempersiapkan lokasi atau tempat untuk memasak dan lainnya. Persiapan alat dan bahan makanan tentunya juga masuk dalam modal tersebut. Jika sudah diperhitungkan semua modal untuk memulai, lakukan juga perhitungan estimasi balik modal. Perlu dicatat bahwa modal berupa uang ini tidak harus dari kantong pribadi Anda, bisa mencari bantuan ke orang lain.



Lakukan Riset Segmentasi Pasar untuk Catering

Riset segmentasi pasar ini cukup kompleks, banyak hal yang harus diketahui sebelum melakukan eksekusi. Pastikan tetap memiliki ciri khas dari makanan yang tersedia dalam pilihan menu katering Anda, meskipun tetap harus mengikuti tren. Biasanya menu yang sedang diminati tersebut tidak akan bertahan lama, maka dari itu hindari untuk dijadikan sebagai menu utama.


Selain melakukan riset tren makanan dan minuman, jangan lupa juga melakukan promosi. Sekarang banyak sekali media yang dapat dijadikan untuk alat promosi dan mudah untuk digunakan. Yaitu dengan promosi secara digital, melalui platform website ataupun sosial media. Hal ini bisa menjadikan usaha Anda lebih meyakinkan dibandingkan tidak memiliki website atau akun sosial media.


Selain itu jangan lupakan untuk tetap promosi secara offline. Promosi paling efektif sebenarnya adalah dari mulut ke mulut atau power of mouth.



Sudah kebayang bagaimana bisnis katering Anda akan direalisasikan? Kalau belum, silakan pelajari semua tips di blog Soul in a Box.

28 views0 comments