Tips Memilih Menu Buka Puasa Sehat untuk Si Kecil


Bulan puasa sangat identik dengan beragam makanan ramadhan. Mulai dari makanan pembuka seperti kurma, kolak dan es buah hingga beragam makanan berat kaya akan protein.


Hal ini cukup wajar sebab bulan puasa erat kaitannya dengan makan dan minum. Sebab selama puasa, seseorang harus menahan lapar dan haus. Lalu baru bisa memenuhinya kembali ketika maghrib tiba.


Berpuasa memang belum menjadi kewajiban bagi anak-anak. Namun mungkin Anda sebagai orang tua ingin membiasakan anak berpuasa sejak dini. Untuk itu diperlukan sistem agar anak tetap semangat menjalani ibadah puasa.


Menggunakan Menu Buka Puasa Sebagai Media Motivasi Puasa Bagi Sang Buah Hati


Salah satu cara yang digunakan banyak orang tua untuk menyemangati anak mereka dalam berpuasa, adalah dengan menjanjikan menu istimewa. Sehingga anak akan bertahan untuk tidak makan sebelum berbuka.


Hal ini cukup efektif, sebab bagi anak kecil, makanan enak adalah salah satu hal yang diinginkan. Berbeda dengan orang dewasa yang bisa membeli berbagai makanan dengan uang sendiri.


Meski begitu, jangan sembarangan dalam menyajikan hidangan bagi si kecil. Simak tips dari kami berikut ini agar Anda tidak keliru dalam menyajikan hidangan bagi anak kesayangan Anda.


1. Pilih Makanan Menyehatkan

Tips pertama adalah jangan hanya berpaku pada rasa makanan. Pastikan setiap makanan yang Anda sajikan adalah makanan menyehatkan. Apalagi mengingat bahwa anak Anda masih dalam proses pertumbuhan. Memilih makanan ramadhan yang hanya enak akan mengganggu tumbuh kembang anak Anda. Makanan menyehatkan juga cocok untuk sahur dan berbuka agar anak Anda dapat menahan lapar dan haus selama berpuasa. Selain itu, karena waktu makan anak Anda cenderung akan berkurang, memilih makanan menyehatkan adalah keharusan. Sehingga kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi walau porsi makan menjadi lebih sedikit. Pilihlah olahan sayur istimewa seperti sapo tahu atau capcay yang disukai anak-anak. Sehingga mereka tetap termotivasi untuk berpuasa namun tetap dapat tumbuh sehat karena cukup nutrisi.


2. Hidangkan Sajian Kaya Akan Vitamin dan Protein

Kandungan dalam tiap makanan untuk anak harus benar-benar diperhatikan. Karena masa pertumbuhannya, anak-anak perlu banyak asupan vitamin dan protein. Sehingga pastikan makanan berbuka dan sahur memenuhi keduanya. Terdapat banyak menu kaya akan vitamin dan protein yang disukai anak-anak. Mulai dari menu takjil seperti kolak dan es buah hingga makanan berat berbahan dasar daging ayam ataupun sapi. Anak-anak juga cenderung menyukai berbagai makanan olahan daging. Seperti misalnya ayam panggang, rendang atau olahan daging lainnya. Sehingga akan memberi motivasi mereka untuk tetap berpuasa meski merasakan lapar.


3. Pilih Makanan Bercita Rasa Manis

Anda juga tentu mengetahui bahwa tidak ada anak yang tidak suka makanan manis. Sehingga memberikan janji berupa hidangan manis saat berbuka kepada anak Anda adalah pilihan tepat. Hidangan manis seperti es krim atau es buah akan membuat anak lebih tahan untuk berpuasa. Mereka akan rela menahan lapar dan haus untuk menikmati kesegaran dari makanan yang Anda janjikan. Makanan manis juga mengandung banyak energi yang diperlukan tubuh. Hal ini akan membantu memberikan energi pada anak Anda saat berpuasa. Sehingga ia tidak cepat merasa kelelahan saat beraktivitas.

Untuk mendapatkan makanan nikmat dan menyehatkan bagi si buah hati, Anda bisa menghubungi Soul in a Box. Sebab Soul in a Box menjamin setiap hidangan dibuat dengan higienis. Sehingga semua hidangan dapat tersaji dengan nikmat dan tetap bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa memesan beragam hidangan mulai dari takjil hingga makanan utama di Soul in a Box.

0 views0 comments