Tumpeng Mini, Makanan Khas untuk Merayakan Acara Spesial

Updated: Jun 17


Tumpeng Mini, Nasi Kuning, Tempe Orek, Kentang Mustofa,

Tumpeng merupakan sajian khas Indonesia biasanya hadir dalam acara syukuran seperti wisuda, peresmian usaha, pernikahan sampai kelahiran bayi. Biasa hadir dalam ukuran gunungan besar, saat ini tumpeng hadir dalam ukuran mini.


Tumpeng terdiri atas beberapa komponen, mulai dari nasi hingga lauk. Umumnya tumpeng menggunakan nasi kuning. Sedangkan lauk yang disajikan di antaranya adalah ayam, telur, kering kentang, perkedel, sambal sampai mentimun. Hidangan ini mengandung komponen "healthy food" yang tentunya baik bagi anak-anak hingga orang dewasa.


Menyimak Makna dari Sajian Tumpeng

Di zaman modern, tumpeng dipakai untuk merayakan acara tertentu. Namun dalam sejarah, makanan tersebut dahulu dipakai untuk memuliakan gunung di mana para arwah leluhur berada. Oleh sebab itu, nasi kuning dalam sajian ini mempunyai bentuk mengerucut seperti gunung. Komponen dan bentuk nasi ini melambangkan rasa terima kasih manusia terhadap Tuhan.


Sedangkan dalam etimologi, nasi tumpeng adalah akronim dari kalimat “yen meTU kudu memPENG”. Kalimat ini mempunyai makna bahwa saat keluar harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut melambangkan usaha manusia dalam hidup menuju Tuhan. Manusia tidak berputus asa untuk mencapai Tuhan Yang Maha Esa.


Oleh sebab itu tumpeng mempunyai bentuk kerucut di mana Tuhan berada di posisi paling atas. Sedangkan manusia berada di posisi bawah. Selama hidup manusia bergerak ke atas menuju Tuhannya. Naik ke atas juga bermakna bahwa manusia menuju kehidupan lebih baik.


Kandungan Healthy Food dalam Sajian Tumpeng

Seperti nasi kotak, tumpeng juga mempunyai komposisi varian lauk. Bahkan, setiap komponen makanan melambangkan filosofi tertentu. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa nasi melambangkan usaha manusia dalam memuliakan gunung. Pada zaman dahulu, manusia menjalin hubungan harmonis dengan Tuhan, sesama manusia bahkan dengan alam semesta.


Terdapat berbagai jenis lauk yang terdapat dalam makanan tersebut. Di antaranya adalah ayam, urap, telur rebus, ikan teri, kacang panjang, cabe dan mentimun. Dapat dilihat bahwa menu makanan ini mengandung gizi lengkap. Memakan sajian tersebut tidak hanya kenyang tetapi juga sehat.


Lauk pauk dalam sajian makanan ini mempunyai filosofi khusus. Telur rebus mengandung filosofi mengenai perencanaan matang sebelum melakukan sesuatu. Sayuran dalam urap merupakan simbol mengenai pemikiran dan proses yang tumbuh ke depan. Ikan teri menjadi lambang akan kerukunan dan kebersamaan dalam masyarakat.


Sedangkan cabe yang menjadi hiasan di bagian atas merupakan simbol atas penerangan. Sajian makanan ini tidak hanya cantik dan penuh dengan komponen makanan sehat. Setiap elemen menyimpan filosofi mendalam dari masyarakat nusantara. Penyajian makanan ini dalam kehidupan modern merupakan bentuk melestarikan budaya.


Bagi Anda yang merasa repot apabila harus membuat sajian tumpeng mini di rumah, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Karena jasa katering Soul in A Box saat ini sudah menyediakan menu tumpeng mini yang dapat Anda pesan untuk menunjang beragam acara di rumah atau bahkan tempat kerja.

82 views0 comments