Tumpeng Mini, Makanan Khas untuk Merayakan Acara Spesial



Tumpeng mini merupakan makanan hits untuk merayakan acara spesial. Bentuknya yang mini merupakan inovasi dari makanan khas Indonesia tersebut. Sajian ini biasanya hadir dalam acara syukuran seperti wisuda, peresmian usaha, pernikahan sampai kelahiran bayi. Makanan tersebut menyimpan filosofi mendalam bagi masyarakat nusantara.


Dahulu, tumpeng mempunyai ukuran besar dengan berbagai elemen makanan. Pada zaman modern, sajian ini diperkecil dengan tetap mempertahankan komposisi makanan di dalamnya. Dengan ukuran mini, hidangan tersebut lebih praktis untuk disajikan dalam acara penting. Selain itu, harga yang ditawarkan lebih terjangkau.


Tumpeng terdiri atas beberapa komponen, mulai dari nasi hingga lauk. Umumnya tumpeng menggunakan nasi kuning. Sedangkan lauk yang disajikan di antaranya adalah ayam, telur, kering kentang, perkedel, sambal sampai mentimun. Hidangan ini mengandung healthy food yang tentunya baik bagi anak-anak hingga orang dewasa.


Menyimak Makna dari Sajian Tumpeng


Tumpeng bisa didapatkan melalui jasa katering. Katering biasanya menyediakan nasi kotak. Namun, ada juga yang menyediakan tumpeng untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam acara penting, menu makanan tersebut merupakan sajian utama yang menjadi simbol acara. Penyajian makanan ini tidak harus diperoleh melalui kegiatan memasak secara mandiri.


Memasak nasi kuning dan lauk sebanyak itu membutuhkan tenaga dan waktu tidak sedikit. Apalagi jika tidak mempunyai keahlian memasak, bisa